Sejarah Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

 

           Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh telah melaksanakan proses pendidikan sejak 6 Pebruari 1989, berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 35/DIKTI/KEP/1990 tanggal 09 Mei 1990. Merupakan salah satu Politeknik Pertanian Negeri dari 6 (enam) Politeknik Pertanian Negeri yang ada di Indonesia. Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 bahwa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh penyelenggara Pendidikan Jalur Profesional dengan progam Diploma III yang dapat diselesaikan selama (enam semester) atau minimal selama 3 tahun dan maksimal selama 5 tahun yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil, profesional pada tingkat menengah tinggi (Upper Midle Level) dengan kemampuan manajerial yang handal khususnya pada bidang pertanian. Sejak ditetapkannya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh adalah menyelenggarakan pendidikan Vokasi dalam bidang pertanian dan masih tetap menyelenggarakan program Diploma III.

Sejak awal berdiri Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dalam pengelolaannya di bawah Universitas Andalas yang memiliki 3 (tiga) Jurusan serta 5 (lima) Program Studi yang terdiri dari:

  1. Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan.
  2. Jurusan Budidaya Tanaman Pangan.
  3. Jurusan Teknologi Pertanian.

Pada tahun 2000 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh membuka 2 (dua) program studi baru yaitu program studi Agribisnis Pertanian dan Peternakan, berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 175/Kep/DIKTI/2000 Tanggal 6 Juni 2000, kedua program studi tersebut mulai beroperasi dengan menerima mahasiswa perdana pada tahun akademik 2000-2001, kedua program studi bernaung di bawah Jurusan Budidaya Tanaman Pangan. Pada tahun 2005 mengusulkan program studi Teknologi Produksi Hortikultura dan berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 4151/D/T/2005 program studi tersebut mendapatkan ijin untuk dilaksanakan dan mulai beroperasi pada semester ganjil 2006-2007. Program Studi tersebut bernaung di bawah Jurusan Budidaya Tanaman Pangan.

        Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh saat ini mengelola 3 Jurusan dengan 10  Program Studi yang terdiri dari 8 Program Studi DIII dan 2 Program Sarjana Sains Terapan (S.ST) yaitu :

1) Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan mengelola 2 (dua) program Studi yaitu :

  1. Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (Program DIII) dan
  2. Program Studi Manajemen Perkebunan Sarjana Sains Terapan (S.ST)

2) Jurusan Budidaya Tanaman Pangan mengelola 5 (lima) Program Studi yaitu :

  1.  Program Studi Budidaya Tanaman Pangan
  2.  Program Studi Agribisnis Pertanian
  3.  Program Studi Peternakan
  4.  Program Studi Teknologi Produksi Hortikultura
  5.  Program Studi Manajemen Produksi Pertanian Sarjana Sains Terapan (S.ST)

3) Jurusan Teknologi Pertanian mengelola 3 (tiga) Program Studi yaitu :

  1.  Program Studi Teknologi Pangan
  2.  Program Studi Tata Air Pertanian
  3.  Program Studi Mesin dan Peralatan Pertanian.