Sebanyak 48 Wisudawan/ti Diploma II Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pidie Jaya binaan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh secara resmi di wisuda oleh Direktur AKN Pidie Jaya Ibu Ir. Gusmalini, M.Si, melalui rapat senat terbuka yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2017 bertempat di Kompleks Kantor Bupati lama di Meureudu.

Rapat Senat Terbuka Wisuda AKN Pidie Jaya juga dihadiri oleh Bupati Pidie Jaya Bapak H Aiyub Abbas, dan Ketua DPRK Bapak Armia Harun, serta turut hadir, Wabup Pijay, H Said Mulyadi SE, MSi, para Asisten Sekdakab, sejumlah Kepala SKPK, beberapa Ketua dan Anggota Senat AKN Politani Payakumbuh dan juga orangtua/wali Wisudawan/ti.

Dari 48 lulusan tersebut terdiri 25 Wisudawan/ti Program Studi Budidaya Peternakan dan 23 Wisudawan/ti Program Studi Teknologi Pangan. Dari keseluruhan lulusan, sebanyak 4 Wisudawa/ti berpredikat lulusan  dengan “Pujian”, 19 Wisudawa/ti predikat “Sangat Memuaskan”, sementara selebihnya 25 Wisudawa/ti lulus dengan predikat “Memuaskan”.

Direktur AKN Pidie Jaya ibu Ir. Gusmalini, M.Si dalam pidato sambutannya menyampaikan mengaku senang dengan terlaksananya acara wisuda  untuk yang pertama kalinya (perdana) sejak pendidikan formal hadir di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) tahun 2005 lalu. Direktur AKN Pidie Jaya menyampaikan kepada Kepada para Wisuwan/ti  “ bangunlah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh ini, dan bangsa Indonesia ini dengan inspirasi dan kreatifitas saudara miliki para generasi muda. Karena pemuda akan selalu menjadi People make history (orang yang membuat sejarah) di setiap waktunya”.

Dalam Kesempatan itu Bupati Pidie Jaya Bapak H Aiyub Abbas, menyampaikan akan mensupport para lulusan AKN, dan Pemerintah Kabupaten akan berusaha agar lulusan AKN mendapat kesempatan untuk menggeluti bidang usaha terutama khsusus bagi dua Prodi yang mereka dalami ilmu di bangku kuliah.

Rapat Senat Terbuka Wisuda AKN Pidie Jaya 2017 diakhiri dengan menampilkan tarian asal dua daerah (Aceh dan Sumatera Barat). Sumatera Barat dengan tarian daerahnya ayam denlapeh, sementara Aceh hadir dengan beberapa tarian khasnya.

 

 Sebanyak 427 wisudawan/ti Diploma III dan Diploma IV resmi di wisuda melalui rapat senat terbuka wisuda 1 tahun 2017 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang berlangsung di Gedung Serba Guna (Auditorium) Politani Payakumbuh, pada hari Sabtu 9 September 2017. Dalam kegiatan wisuda 1 tahun 2017 tersebut lulusan Jurusan Bududaya Tanaman Pangan berjumlah 226 wisudawan/ti terdiri dari 5 Program Studi, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan berjumlah 77 wisudawan/ti terdiri dari 2 Program Studi, dan Jurusan Teknologi Pertanian berjumlah 124 wisudawan/wati terdiri dari 3 Program Studi. Selain itu, terdapat 10 orang wisudawan/ti lulusan terbaik untuk tingkat Jurusan, serta 2 orang wisudawan/ti Diploma III dan Diploma IV  lulusan terbaik untuk tingkat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Dalam acara Wisuda 1 Tahun 2017, Direktur Politani Payakumbuh ibu Ir. Gusmalini, M.Si dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa menjadi seorang wisudawan bukanlah sebatas pada euforia kegembiraan saja. Namun, merupakan gerbang awal untuk menghadapi tantangan hidup yang sebenarnya. Direktur Politani Payakumbuh berharap agar wisudawan/wati menjadi seorang Wirausahawan dengan menerapkan inovatif, kreatif, kemampuan manajerial, kemampuan mengakumulasikan berbagai potensi, keberanian mengambil risiko, ulet dan jujur, yang mana kemampuan tersebut sudah mereka peroleh semasa dibangku kuliah. Selain itu Direktur juga menyampaikan agar lulusan menjaga nama baik almamater dengan melakukan tindakan-tindakan yang positif di tengah kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara.